EAS - Final Project PPB (D)

 ILHAM INSAN WAFI

5025211255 - Kelas PPB (D)

EAS - Final Project PPB (D)

           Pada kesempatan kali ini, saya ingin membagikan pembelajaran terbaru yang telah saya lakukan. Saya berhasil membuat sebuah aplikasi Manajemen Keuangan yang saya buat dengan menggunakan Kotlin, guna memenuhi Tugas Final Project Mata Kuliah Pemrograman Perangkat Bergerak. Aplikasi ini saya buat dengan mengikuti implementasi materi kuliah pemrograman perangkat bergerak.

Deskripsi Aplikasi

Dompetku adalah aplikasi manajemen keuangan pribadi berbasis mobile yang dirancang untuk membantu mahasiswa dan masyarakat umum dalam mencatat, mengelola, dan memantau pemasukan dan pengeluaran harian secara mudah dan efisien.

Masalah Yang Dihadapi

Banyak orang, khususnya mahasiswa, kesulitan:

  • Mengelola uang bulanan atau harian.

  • Tidak tahu ke mana perginya uang mereka.

  • Tidak punya catatan transaksi yang rapi dan mudah dipahami.

  • Sulit memonitor keseimbangan keuangan pribadi.


Solusi yang Ditawarkan

Aplikasi Dompetku hadir sebagai solusi sederhana dan intuitif untuk:

  • Mencatat pemasukan dan pengeluaran secara langsung.

  • Menampilkan ringkasan saldo dan total transaksi.

  • Membantu pengguna menyadari pola keuangan mereka.

  • Mendorong kebiasaan menabung dan mengatur keuangan sejak dini.


Manfaat Aplikasi

  • Menumbuhkan kesadaran finansial.

  • Meningkatkan keterampilan budgeting.

  • Mencegah pemborosan.

  • Menyediakan visualisasi transaksi secara rapi dan user-friendly.


Fitur Utama

  1. Onboarding Page

    • Edukasi singkat tentang pentingnya mengelola keuangan.

    • Ajakan untuk mulai mengatur keuangan pribadi.

  2. Set Nama Pengguna

    • Personalisasi dengan menyapa pengguna berdasarkan nama mereka.

  3. Dashboard Keuangan (Home)

    • Menampilkan total saldo.

    • Kategori pemasukan dan pengeluaran.

    • Tampilan rapi dengan warna berbeda untuk tiap jenis transaksi.

  4. Add Account / Transaction

    • Tombol plus (+) di tengah bawah untuk menambahkan transaksi.

    • Pop-up pemilihan kategori (Income/Expense).

    • Form input nama transaksi dan nominal.

  5. Detail Transaksi

    • Menampilkan daftar transaksi berdasarkan kategori.


Penjelasan UI/UX

  • Desain Minimalis & Colorful
    Menggunakan warna-warna cerah untuk membedakan kategori (contoh: oranye untuk saldo, biru untuk income, merah untuk expense).

  • Navigasi Bawah (Bottom Navigation Bar)
    Ikon intuitif untuk Home, Add, dan Detail.

  • Tombol Utama (+)
    Mudah dijangkau, menjadi pusat interaksi utama pengguna.

  • Tipografi dan Ikon
    Menggunakan font yang tegas dan ikon ilustratif untuk memberikan konteks yang jelas.

  • Responsif
    Tampilan tetap nyaman di berbagai ukuran layar.


Layout Antar Halaman

  1. Splash Screen

    • Logo Dompetku di tengah.

  2. Onboarding (Page 1 & 2)

    • Menjelaskan pentingnya manajemen keuangan.

  3. Set Name → Konfirmasi Nama → Beranda (Home)

    • Input nama → Salam personal → Masuk ke halaman utama.

  4. Home → Add (+) → Select Category (Income/Expense) → Add Account

  5. Home → Detail View (Tab untuk melihat transaksi income/expense lebih lanjut)


Tampilan Aplikasi





Link Source Code Dapat Diakses Di : GITHUB

Link Demo Penjelasan Aplikasi :


Link Demo Penggunaan Aplikasi :



Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 4 APSI : Seleksi dan Manajemen Proyek

Tugas 11 PPB - Latihan Aplikasi Starbucks

Tugas 1 (Infografis Perkembangan Teknologi Perangkat Bergerak)